By : Admin
Date : 11 February 2018, 14:28

Mungkin tak banyak yang tahu kalau salah satu fotografer travel Indonesia menyabet predikat foto terbaik tingkat dunia. Melalui foto Another Perspective of the Day, Dody Kusuma berhasil mencuri perhatian dunia dan keluar sebagai pemenang pada National Geographic Traveler Photo Contest 2013.

Foto travel jelas berbeda dengan kegiatan foto-foto yang biasa kita lakukan dengan teman-teman di pinggir pantai atau puncak gunung. Dalam memotret foto travel, dibutuhkan pula pendekatan jurnalistik dan kemampuan melihat peristiwa yang baik.

Kira-kira, apa saja tips rahasia dari Dody Kusuma ketika memotret foto travel? Perhatikan setiap detailnya!

  1. Persiapan fisik dan peralatan
    Pastikan stamina kita dalam keadaan prima.
  2. Peralatan fotografi standar
    Hal yang terpenting dalam foto travelingè´¸selain membawa perlengkapan akomodasi lengkapè´¸, sebaiknya bawa peralatan kamera yang memadai untuk bisa terlaksananya perburuan foto dengan baik.
  3. Ringkas dan mudah
    Setelah semua peralatan standar tersedia, pastikan kita juga menimbang faktor keringkasan dan kemudahan penggunaan.
  4. Letak kamera yang mudah dijangkau
    Agar memudahkan mengakses kamera saat perjalanan, bawalah tas khusus untuk kamera. Jangan pernah menyatukan kamera dengan bawaan lain agar tetap aman.
  5. Mewaspadai kondisi cuaca dan suhu
    Bawalah plastik untuk melindungi kamera dari air saat perjalanan. Selain itu, untuk menjaga kelembaban kamera gunakan silica gel. Sebagai antisipasi, balut kamera dengan kain khusus agar tidak berembun.
  6. Berburu foto
    Untuk pantai dan gunung, saat terbaik untuk mengambil foto adalah saat matahari terbit dan terbenam. Bila malam hari tiba, kita bisa mengabadikan keindahan ribuan bintang dengan menggunakan tripod.

Selain keindahan landscape mengambil foto kehidupan masyarakat, kegiatan budaya, ataupun flora dan fauna adalah hal-hal menarik yang bisa ditemui selama perjalanan. Tentu saja, tak ketinggalan foto selfie diri sendiri sebagai dokumentasi.